Les Kelompok Semarang | Asyiknya Belajar Kelompok

Les Kelompok Semarang | Asyiknya Belajar Kelompok

 

Les Grup Semarang

Siapa yang disini sudah terbiasa belajar bersama teman-teman?

Memang mengasyikkan jika belajar berkelompok karena suasana menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.

Tapi apakah efektif? Mengingat belajar kelompok melibatkan banyak orang dan akan memicu keramaian selama belajar.

Tentu saja efektif kok!

Belajar kelompok merupakan program belajar yang dirancang bersama bimbel atau les privat baik secara offline (tatap muka) maupun online dengan dibimbing langsung oleh para tentor terbaik.

Proses belajar tentunya akan berjalan efektif dan efisien. Nggak perlu takut rame karena banyaknya anak di grup belajar. Karena sebetulnya belajar kelompok itu banyak membawa manfaat. Apa aja sih manfaatnya?

Melatih Siswa Untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Dalam forum diskusi kelompok yang dipandu oleh tentor les, siswa akan banyak berdialog aktif dalam berpendapat mengenai jawabannya masing-masing.

Dengan meningkatnya intensitas diskusi, satu sama lain akan belajar menjadi pendengar yang baik dan belajar untuk menghargai pendapat anggota yang lain.

Ini merupakan softskill yang penting loh! Jadi patut banget untuk diasah sedini mungkin.

Melatih Keberanian dan Tanggung Jawab

Sama halnya ketika berada di forum diskusi tadi, siswa akan sesering mungkin dilatih mengemukakan pendapat yang diyakini. Dalam belajar kelompok rasa tanggung jawab juga akan meningkat secara signifikan terlihat dari setiap kali mengerjakan tugas kelompok belajar.

Motivasi Belajar Meningkat

Ketika belajar bersama orang yang akrab dengan kita, belajar menjadi enjoy dan tidak membosankan. Terlebih jika anggota dalam kelompok belajar memiliki tujuan yang sama untuk dicapai. Dengan ini, motivasi dan minat belajar akan meningkat dan dapat menaikkan semangat siswa.

Membangun Teamwork

Kerjasama tim itu penting banget loh!

Tapi gimana cara melatihnya?

Tentor bimbel akan memberikan suatu project atau tugas besar yang harus dikerjakan secara berkelompok. Ini artinya aka nada kerjasama tim, dan masing-masing anggota kelompok belajar akan memberikan kontribusinya masing-masing dalam menyelesaikan tugas kelompok ini.

Dengan berlatih teamwork, siswa akan terbiasa untuk bekerja bersama dalam suatu tim. Secara tidak disadari, latihan seperti ini akan tumbuh menjadi skill yang akan sangat dibutuhkan nantinya.

 

Tentunya sebelum melakukan belajar kelompok atau study group, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti :

Batasi Jumlah Anggota

Jangan terlalu banyak memilih anggota tim. Cukup batasi maksimal 3-5 orang dalam setiap kelompok belajar.

Jadwal Diskusi

Yuk mulai buat jadwal materi belajar dan tetapkanlah waktu diskusi dari tiap materi. Walaupun terdengar sepele, habit diskusi ini akan banyak membantu kita dalam mengembangkan pola pikir dan sudut pandang kita dalam menyelesaikan masalah.

Waktu dan Tempat

Mulai sepakati waktu dan tempat belajar kelompok. Ingat ya! Harus disepakati oleh semua anggota kelompok agar dapat menemukan jadwal yang tepat dan tidak mengganggu rutinitas yang lain.

Wajib Sama Tentor

Kenapa wajib banget?

Sama halnya ketika belajar di kelas, belajar kelompok diluar jam sekolah pun harus didampingi orang yang professional di bidang mengajar.

Kamu nggak bisa asal-asalan dalam memilih tentor bimbel ini.

Pilih yang tepat dan cocok!

 

Kebetulan banget nih. Bimbel AIO Privat punya sedikit hadiah untuk kelompok belajar yang membutuhkan bantuan dari tentor AIO.

Aka nada potongan besar dari harga biasa jika kamu mendaftarkan kelompok belajarmu di AIO.

Cari tentor sesuai kualifikasi yang kamu cari.

Tinggal klik, tentor siap membimbing belajar kelompok!

0816853042